Hidup Sesuai Kemampuan

transaksi-rupiah

“Ah, anak itu. Gayanya banyak sekali. Update foto-foto gaulnya di medsos, jalan-jalan, terus makan di tempat mewah. Padahal Saya tahu persis gajinya berapa. Penasaran, bagaimana cara dia mengatur uangnya ya? Atau Cuma banyak gaya aja tuh anak.” Ucap seorang HR Manager.

“Ya, mungkin saja dia punya sampingan, jadi uang jajannya banyak,” jawab Saya sekenanya.

Begitulah dunia zaman sekarang. Gaya hidup mewah dimana-mana dan diumbar oleh sang pelaku dengan bangga. Tak masalah jika memang sang pelaku memiliki penghasilan yang besar, toh zaman sekarang luxury business sedang menjadi tren (bahkan di Eropa ada beberapa mata kuliah yang berfokus pada  luxury business management).

Bagaimana dengan orang-orang yang justru sebaliknya (penghasilan tak seberapa tapi gayanya wah)? Mereka kadang tak peduli kondisi keuangan yang gali lobang, tutup lobang. Penampilan yang keren menjadi sasaran dan target utama. “Yang penting gaya gue keren,” begitu katanya. Golongan ini adalah orang yang sangat mengikuti perkembangan tren sehingga life style pun mengikuti tren yang memang sedang happening. Yang menjadi masalah adalah kehidupan mewah yang diekspos ini hanya untuk memenuhi standar pergaulan semata, padahal penghasilan tak seberapa. Kalau istilah sekarang, mereka ini adalah golongan BPJS (Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita), memiliki kemauan yang banyak, tetapi kemampuan (finansial) sangat terbatas.

Sebagai sarana menegur diri, semoga kita dijauhkan dari sifat golongan orang-orang BPJS. Seperti judul di atas, ada baiknya hidup sesuai kemampuan, bukan kemauan.

Salam Damai,
Ewaldo Reis Amaral

*Bagi yang mau tahu tentang luxury business management, ini adalah insight mengenai luxury business dari konsultan Bain and Co:
http://www.bain.com/Images/BAIN_REPORT_Global_Luxury_2015.

BACA JUGA Suka dan Duka Kuliah sambil Kerja

BACA JUGA Memetik Inspirasi dari Rudy Habibie

BACA JUGA Apa Gunanya Sekolah?

Sumber foto: here

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s