Perlukah S2?

sarjanaaPerlukah S2?

Pertanyaan klasik yang sering saya jumpai ketika sedang membawa sesi sharing atau training untuk adik-adik yang masih SMA ataupun mahasiswa S1. Banyak dari mereka menganggap bahwa dengan memiliki gelar S2, maka masa depan mereka terjamin cerah dan kesuksesan dapat mudah diraih. Pertanyaannya, benarkah begitu?

Hingga sekarang, saya melihat bahwa tidak ada garis linear antara gelar akademis dengan masa depan yang cerah. It depends on you! Tidak ada jaminan bahwa dengan gelar S2 hingga S3 maka karir akan melejit. Hal tersebut sama dengan memiliki gelar S1 bukan berarti kita akan terjamin diterima bekerja di perusahaan. Oh iya, banyak kok orang dengan S1 yang sukses luar biasa, bahkan ada yang (hanya) berijazah SMA!

Lantas, siapakah yang membutuhkan gelar S2? Jika kita memang tertarik dengan dunia akademis dan research, maka gelar S2 terasa tepat, bahkan mungkin sampai S3. Begitupun jika kita merasa masih membutuhkan tambahan ilmu dan pengetahuan. Mendaftar S2 dapat menjadi solusinya.

Yang menjadi kurang tepat adalah ketika kita mendaftar S2 hanya karena gaya-gayaan, mengikuti teman, hanya untuk mengisi waktu kosong karena nganggur, atau bahkan disuruh orang tua. Saya jadi teringat tulisan Hasanudin Abdurakhman di kompas, “tanpa tujuan yang tegas dan spesifik, melanjutkan kuliah S2 hanya akan memperpanjang masa status mahasiswa.”

Kembali lagi ke paragraf awal. Sekalipun sudah memegang gelar, baik S1, S2, maupun S3, manfaat dari gelar tersebut hanya akan kita rasakan jika memang kita mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapat, serta terus ‘haus’ untuk belajar. Tak ada jaminan, tak ada garansi. Semua kembali lagi pada diri kita.

Salam Damai,

Ewaldo Reis Amaral

Baca Juga Suka dan Duka Kuliah sambil Kerja

Baca Juga Hikmah Kontroversi Arcandra: Indonesia Butuh Talent Pool?

Baca Juga Inikah Sistem Pendidikan Kita?

*sumber foto: here

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s