Suka dan Duka Kuliah sambil Kerja

kuliah-sambil-kerjaJika ada kesempatan, tentu setiap orang ingin mendapatkan pendidikan yang baik bahkan banyak orang berlomba-lomba untuk mengeyam pendidikan setinggi-tingginya hingga bangku kuliah. Ada yang mengejar beasiswa, ada yang menabung terlebih dahulu, ada yang menggunakan uang orang tua, ada pula yang memilih untuk kuliah sambil bekerja. Nah, sedikit sharing di poin terakhir, untuk kalian yang sedang/pernah/akan memilih opsi kuliah sambil bekerja. Ini dia. Kita mulai dari yang dukanya dulu:

‘DUKA’

  1. Ngejar KPI di kantor atau deadline tugas ya?

    Hasil gambar

    KPI Vs Tugas via http://Nisrina.co.id

Well, ini klasik, tetapi sesungguhnya ini yang terjadi. Orang-orang yang memilih kuliah sambil bekerja secara tidak langsung memiliki 2 kewajiban utama yang harus dipenuhi, yaitu sebagai karyawan dan juga sebagai mahasiswa. Di kantor, bos sudah menagih kerjaan-kerjaan sebagai bagian dari KPI (Key Performance Indicator), di sisi lain, dosen juga memberi tugas yang ternyata “cukup” banyak dan menyita waktu.

  1. Ngantuk beraaat!

    Hasil gambar

    Ngantuk di saat kerja via http://www.indogetjob.com

Biasanya, waktu kuliah orang-orang yang sambil kerja ini adalah di malam hari dan juga di weekend (biasanya weekdays hingga pukul 21.00 dan full day untuk weekend). Mau tak mau tugas dikerjakan di malam hari, apalagi tugas yang dikerjakan biasanya tugas kelompok. Karena susah mencari waktu dan tempat mengerjakan, alhasil biasanya malam hari selepas kuliahlah menjadi waktu yang paling tepat untuk mengerjakan tugas. Tempatnya pun tak jauh-jauh, ya di kampus! Tak heran ketika paginya masuk kantor, orang-orang ini akan datang dengan mata sayu yang ditemani dengan seringnya menguap.

  1. Weekend terhampas

Seperti yang Saya sebutkan di poin nomor 2, biasanya waktu perkuliahan orang-orang yang sambil bekerja ini adalah di malam hari dan weekend (ada yang hari Sabtu, dan ada juga yang di hari Minggu). Alhasil, waktu untuk keluarga, teman-teman, hingga pasangan perlu diatur sedemikian rupa agar tetap balance. Belum lagi jika masih harus mengerjakan tugas di periode weekend. Kalau sudah begini mau bagaimana lagi?😀

 Sekarang kita masuk ke part ‘SUKA’

  1. Membuka Jejaring

    Hasil gambar

    Membuka jaringan via http://chainimage.com/

Hal positif pertama dari kuliah sambil kerja adalah kita membuka jaringan kita. Jika selama ini kita hanya memiliki teman profesi di kantor, dengan kuliah sambil kerja, kita memiliki teman profesi dari kantor lain. Ada Manager dari PT A, ada GM dari PT. B, ada Owner perusahaan, dll. Seru kan?

  1. Implementasi langsung di kantor

    Hasil gambar

    Implementasi langsung via http://iniod.com/

Jika selama ini kuliah identik dengan teori-teori, beda halnya jika kita memilih kuliah sambil bekerja. Teori-teori yang ada di kampus dapat kita implementasikan langsung di kantor. Atau minimal, kita bisa langsung tahu bagaimana penerapan teori tersebut di lapangan.🙂

  1. Hemat Umur

Nah ini salah satu keuntungan mereka yang memilih kuliah sambil bekerja. Alih-alih memilih fokus kuliah saja, kuliah sambil kerja bisa membawa keuntungan dengan ‘periode waktu kerja dapat kita hitung sebagai pengalaman kerja kita’. Misal: Si A kuliah sambil kerja selama 2 tahun hingga lulus S2, maka si A memiliki 2 tahun pengalaman kerja dan juga mengantongi gelar master.

Yap, itu dia sekilas suka dan dukanya kuliah sambil kerja. Yang pasti, untuk yang akan memilih kuliah sambil kerja, silahkan diatur waktu sebaik mungkin agar 2 kewajiban ini dapat terlaksana dengan baik. Toh, segala pilihan pasti ada konsekuensinya, kan?

Semoga bermanfaat!

Salam Damai,
Ewaldo Reis Amaral

Baca Juga Threshold Competitor – A Business Game

Baca Juga Mau Sampai Kapan Uji Coba Sistem Pendidikan?

Baca Juga Inikah Sistem Pendidikan Kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s