Inspirasi dari Seorang Muhammad Ali

Muhammad Ali 23 Juni 2016 menyisakan kepedihan bagi dunia. Seorang petinju besar dengan sederet prestasi besar meninggal pada usia 74 tahun, ya dia adalah The Greatest, Muhammad Ali.

Begitu banyak video, foto, dan momen-momen yang dishare banyak orang mengenang kepergian petinju yang juga terkenal akan kegigihannya menolak perang Vietnam. Begitu banyak orang terinspirasi dengan cara sang petinju mencapai prestasi-prestasi hebatnya hingga dikenang sebagai salah satu petinju terbaik di dunia. Perjuangannya baik di dalam maupun luar lapangan yang luar biasa membuat namanya akan terus dikenang.

Ada 3 hal yang menarik perhatian saya dari seorang Muhammad Ali:

1. Takut akan Tuhan

Saya memang belum lahir ketika Muhammad Ali berada pada masa janya. Tetapi dengan membaca dan melihat rekam jejaknya sudah cukup bagi saya untuk terinspirasi dari petinju yang lahir pada tahun 1942 ini. Salah satu yang menyita perhatian saya adalah video di mana Muhammad Ali diwawancara di Newcastle, Inggris tahun 1977. Pada saat itu ada pertanyaan dari penonton, “Apa yang akan anda lakukan jika anda pensiun nanti?”

Apa jawaban dari Muhammad Ali? Lihat videonya di bawah ini.

“God is watching me. He wants to know how we treat each other, how do we help each other. So, what am I gonna do when I’m done fighting?.. Getting myself ready to meet God and go to the best place

Wuuih… Sosok petinju yang begitu garang di ring, justru mengakui bahwa ada yang jauh lebih besar yang sedang melihat dan memperhatikan segala gerak geriknya. Begitu menohok dan tajam. Sosok besar dan tangguh seperti Muhammad Ali pun merasa dirinya kecil di hadapan Tuhan.

Menjadi refleksi, bagaimana dengan diri kita? Sudah sejauh apa kita mempersiapkan diri?  Sudahkah kita membantu sesama? Seberapa besar rasa takut kita pada-Nya? 

2. Percaya diri dan Kegigihan

Salah saMuhammad Ali 1tu quote yang paling terkenal dari Muhammad Ali adalahI am the greatest, I said that even before I knew I was” dan “I’m gonna show you how great I am.” Dengan rasa percaya diri yang tinggi ditambah kegigihannya, Muhammad Ali berhasil mencapai level yang mungkin didambakan oleh semua petinju. Bahkan hal tersebut tercermin dalam quote nya yang lain, “I hated every minute of training, but I said, ‘Don’t quit. Suffer now and live the rest of your life as a champion.”

Sudah sejauh mana rasa percaya diri kita? Sudahkah sejauh apa level kegigihan dan ketekunan kita dalam menunjang mimpi kita?

3. Menolak perang Vietnam

Salah satu momen dalam hidup Muhammad Ali yang membuat dirinya begitu dikenang masyarakat adalah keberaniannya menolak untuk bergabung dalam Perang Vietnam padahal dirinya tercatat sebagai salah seorang anggota Angkatan Darat AS. Muhammad Ali bersikeras bahwa perang adalah suat hal yang terlarang, terlebih dirinya tidak memiliki masalah dengan para warga Vietnam. Melihat aksinya, polisi militer saat itu menjebloskannya ke dalam penjara. Setelah menjalani beberapa tahun di penjara, Muhammad Ali kembali beraksi di ring, memenangkan gelar, dan pensiun di tahun 1981.

Seberani apakah kita dalam menolak sesuatu hal yang salah? Setelah jatuh, seberapa besar kemampuan kita untuk bangkit kembali?

——————

Pada akhirnya kini nama Muhammad Ali telah menjadi legenda dan sejarah dalam dunia olahraga. Teladan dan inspirasinya akan terus terkenang hingga sepanjang masa. Selamat jalan, legend!

I know where I’m going and I know the truth, and I don’t have to be what you want me to be.
I’m free to be what I want.
(Muhammad Ali)

Salam Damai,
Ewaldo Reis Amaral

Baca Juga Belajar dari Kate Beckett 

Baca Juga Allah adalah Baik dan Sempurna Adanya

Baca Juga Development Training at Jatiluhur

Sumber foto: here and here

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s