Perihal Khawatir

khawatir

Berdasarkan KBBI, khawatir adalah takut (gelisah, cemas) terhadap suatu hal yg belum diketahui dengan pasti. Sebuah perasaan yang mau tidak mau akan (pernah) mampir dalam pikiran seseorang.

Hari ini saya belajar banyak mengenai rasa khawatir.

Ada seorang teman yang dengan kerja kerasnya diangkat menjadi pegawai tetap di kantornya. Berbulan-bulan Ia dihantui rasa khawatir dan cemas bila status kegawaiannya tidak berubah menjadi permanen. Jabatan tangan dan ucapan selamat dari atasannya menghilangkan kekhawatirannya.

Ada seorang teman yang justru sedang jatuh dan larut dalam kekecewaan. Perasaan khawatirnya menjadi kenyataan. Impian yang sedang Ia bangun jatuh begitu saja. Senyuman yang selalu hinggap di bibirnya kini beranjak hilang.

Ada seorang teman yang sedang bersuka cita karena merayakan hari ulang tahunnya. Di saat Ia yakin bawa tidak dapat merayakan hari bahagia ini dengan kekasihnya, sepaket bunga datang ke meja kerjanya. Tak lupa dengan surat kecil bertulis selamat ulang tahun.

Ada seorang teman yang keluar dari kantornya dengan wajah musam. Harapannya untuk naik jabatan hilang karena adanya orang baru. Kekhawatirannya menjadi kenyataan. Jalanan macet Jakarta pun menambah hari buruknya.

Ada seorang teman yang terlihat sangat bahagia. Hari ini tim bola kesayangannya meraih kemenangan. Pada awalnya Ia khawatir bahwa tim dukungannya akan kalah. Tetapi gol di menit akhir menghilangkan rasa khawatir tersebut.

Para prinsipnya saya meyakini bahwa tidak ada yang salah dengan rasa khawatir, takut, ataupun cemas. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Di balik rasa khawatir pastilah ada pengharapan di dalamnya. Tentu baik adanya bila itu semua tertuang dalam doa dan harapan-harapan positif. Toh, bukankah pernah ada seorang tokoh yang berkata, “Serahkanlah segala kekhawatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu”?

Semoga Bermanfaat.

Salam Damai,
Ewaldo Reis Amaral

Baca Juga “Melihat Firdaus” HERE

Baca Juga “Be Thankful” HERE

Baca Juga “Perihal Mendengar” HERE

*pict: HERE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s