Jogja Trip 24-26 Sept 2015

Hari ‘terjepit’ saat Idul Adha kemarin Saya maksimalkan untuk mengambil cuti dan berwisata ke daerah Jogja. Pada awalnya Saya berencana untuk menginjak ke pulau Kalimantan, daerah Pontianak. Tetapi karena adanya kabut yang cukup mengganggu penerbangan, alhasil Jogja menjadi alternatifnya.

Mendapatkan rekomendasi tempat tujuan dari HIPWEE, Saya berencana untuk mengunjungi tempat yang (semoga) tidak terlalu mainstream, di antaranya Curug Indah Tegalrejo, Bukit Bintang, Goa Jomblang, Kebun Buah Mangunan, dan beberapa pantai di selatan. Tetapi di Hari H opsi pantai dihilangkan diganti dengan ziarah ke Gereja Hati Kudus Yesus, Ganjuran dan Goa Maria Sendangsono. Yaa, semoga suatu saat nanti ada kesempatan lagi untuk mengunjungi pantai-pantai tersebut.

Ini adalah oleh-olehnya🙂

  1. Curug Indah Tegalrejo
    Untuk mencapai tempat ini diperlukan kurang lebih 1 jam dari Bandara Adi Sucipto. Perjalanan sudah banyak yang beraspal tetapi menjelang tiba di lokasi, jalanan agak bebatuan akan menjadi teman bagi ban mobil anda. Mobil bertype seperti Avanza sudah cukup untuk melewati jalan tersebut. Oh ya, waktu ideal mengunjungi Curug ini sebenarnya adalah pada saat peralihan antara musim hujan dan kemarau.

    This slideshow requires JavaScript.

  2. Candi Prambanan
    Agak mainstream, karena sekalian lewat saya juga berkunjung ke salah satu candi yang cukup terkenal ini

    This slideshow requires JavaScript.

  3. Bukit Bintang
    Karena bermalam di daerah Gunung Kidul, maka kurang afdol jika tidak mengunjungi tempat ini. Pemandangan malam dari atas ini sangat memanjakan mata.

    This slideshow requires JavaScript.

  4. Goa Jomblang
    Ini adalah salah satu tempat yang recommended! Masuk ke dalam goa vertical ini cukup bikin deg-deg ser awalnya. Tetapi akan menjadi menikmatinya begitu melihat pemandangan yang ditawarkan. Menggunakan tali, kita akan turun ke dasar goa sedalam 60-70 M ini. Tenang saja, peralatan safety di tempat ini pantas diacungi jempol. Setelah turun ke goa jomblang, kita akan diminta tracking kurang lebih 200-300 M ke dalam goa yang cukup gelap dan akan menemukan ‘cahaya dari surga’! Pemandangannnya keren dan indah. Ada baiknya membawa kamera yang bagus agar dapat mengambil foto dengan kualitas yang baik, mengingat cahaya dalam goa terbilang minim.
    Untuk mengunjungi tempat ini, ada baiknya untuk membooking terlebih dahulu. Hati-hati karena banyak orang tertipu karena mendaftar pada orang yang salah. Jika ingin mengetahui lebih detail, silahkan kontak saya ya🙂

    This slideshow requires JavaScript.

  5. Kebun Buah Mangunan
    Terletak di daerah Imogiri, pemandangan dari sini sangatlah indah. Mendapat masukan dari seorang teman, waktu mengunjungi tempat ini adalah pada pagi hari, mulai dari jam 5-7.

    This slideshow requires JavaScript.

  6. Gereja Ganjuran dan Goa Maria Sendangsono
    Hari terakhir trip ini ditutup dengan kegiatan rohani dengan mengunjungi Gereja Ganjuran dan Goa Maria Sendangsono. Hanya butuh waktu 30 menit dari Kebun Buah Mangunan ke Gereja Ganjuran, dan butuh waktu 1 jam dari Gereja Ganjuran menuju Goa Maria Sendangsono.

    This slideshow requires JavaScript.

Ya, itulah trip singkat campuran ala flashpacker dan bagpacker saya ke daerah Jogja! Oh ya, untuk penginapan saya menggunakan booking.com dan mendapatkan tempat yang sangat baik yaitu ini dan ini, dengan harga 75,000 dan 80,000/malam termasuk breakfast. Aman dan nyaman!🙂

Semoga bermanfaat.

Salam Damai,
Ewaldo Reis Amaral

Baca Juga “2 Hari di Tanah Sumut” HERE

Baca Juga “Oleh-oleh dari Eropa” HERE

One thought on “Jogja Trip 24-26 Sept 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s