Hal Positif dari Vocal Group

On the last weekend, I got a new experience. It was my first time to join a vocal group competition. Not bad, juara III!!

This slideshow requires JavaScript.

Persiapan selama kurang lebih 1 bulan, Saya bersama Tim OMK (Orang Muda Katolik) St. Mikael berlatih untuk mengikuti lomba yang diadakan oleh OMK Kalvari. Sebagai pengalaman pertama, Saya lebih banyak menyimak dan belajar dari rekan-rekan yang memang sudah terbiasa untuk dan memiliki pengalaman dalam bidang ini.

Bukan sekadar lomba, Vocal Group ini memiliki beberapa poin positif di dalamnya:

  1. Berlatih kerja sama
    Bernyanyi secara bersama-sama di mana terdiri atas beberapa kepala tentu tidak mudah. Bayangkan, jika sudah di tengah-tengah lagu tiba-tiba ada satu suata yang fals. Saling mengerti satu sama lain menjadi poin pembelajaran penting di sini.
  2. Olah fisik
    Vocal group berbeda dengan paduan suara. Dalam paduan suara, para anggotanya hanya terfokus pada bernyanyi dan terpaku pada partitur yang dibaca. Tetapi dalam vocal group, para anggota tidak hanya fokus pada bernyanyi tetapi juga mengatur gerakan atau koreografi. Tak heran ketika sedang berlatih nafas pun tersengal-sengal.
  3. Belajar mendengarkan
    Kenapa ada belajar mendengarkan ada di sini? Ketika mengaransemen lagu dan membuat gerakan, begitu banyak input dan masukan yang diberikan oleh anggota tim. Memaksakan kehendak sama dengan menghancurkan keutuhan tim. Kebesaran hati untuk mendengarkan justru membuat tim semakin solid. Toh yang perlu diperhatikan adalah apa yang menjadi pendapatnya, bukan siapa yang berpendapat.

Sebagai tambahan, berlatih Vocal Group melatih otak kanan juga loh!😀

Salam Damai,
Ewaldo Reis Amaral

Baca Juga “Perihal Mendengar” HERE

Baca Juga “Kepribadian Topeng” HERE

Baca Juga “Sensasi Menyikapi Keadaan Negatif” HERE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s