GKO: Youth Camp OMK St Clara

22-23 November yang lalu saya dan Tim GubuKita Outdoor (GKO) memberikan pendampingan untuk sebuah komunitas Orang Muda Katolik di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas. Acara berjudul Youth Camp ini merupakan bagian dari BLUE Program GKO (Compassion Program). Kegiatan ini mengambil 3 tema besar, yaitu Leadership, Solidarity, and Spirituality. Sebagai fasilitator, GKO menyiapkan program yang tentu mencakup 3 tema tersebut.

Pada hari Sabtu, para peserta sudah kami ajak untuk berkegiatan di luar ruang. Mengambil metode Experiential Learning dan Servant Leadership, para peserta larut dalam dinamika belajar yang menyenangkan. Tanpa kami duga, para peserta menunjukkan semangat yang luar biasa. Kami memulainya dengan sebuah big group activities yang lebih banyak mengacu untuk ice breaking, lalu dilanjutkan small group activities. Pada small group activities, peserta dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil.

Selanjutnya peserta bermain dalam 5 pos yang telah kami siapkan dan ditutup dengan sebuah final project. Derasnya keringat, badan yang kotor, rasa lelah, dan cape pun tak terbendung. Akan tetapi, dari situ terbentuk sebuah sikap Out of Comfort Zone yang mengarah pada tema besar yang kami harapkan, yaitu Leadership dan Solidarity.

This slideshow requires JavaScript.

Pada malam harinya, kami telah mempersiapkan Bible Journey untuk mereka, hal ini menggenapi tema Spirituality. Bible Journey tersebut membahas 3 tokoh Perjanjian Lama yaitu Musa, Daud, dan Yusuf. Para peserta dengan semangat memberikan sharing pengalaman-pengalaman mereka kepada yang lain terkat dengan 3 tokoh tersebut. Acara malam hari kami tutup dengan api unggun beserta penampilan kreatif kelompok.

Pada hari Minggu, acara difokuskan pada What’s Next? Peserta diharapkan memiliki tindak lanjut selepas dari acara Youth Camp ini. Menggunakan konsep Servant Leader yang didapat pada hari pertama, peserta menyepakati untuk menjadi pelayan bagi sesama OMK dengan mengajak para OMK yang belum aktif untuk lebih aktif dalam pelayanan menggereja.

Terima kasih kepada OMK St Clara yang telah mempercayakan Tim GubuKita Outdoor untuk memfasilitasi kegiatan Youth Camp ini. Tuhan memberkati.

Salam Damai,
Ewaldo Reis Amaral

Masih ada banyak kegiatan dan program yang dilakukan saya dan Tim GubuKita Outdoor. Stay tune!🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s