Selamat Hari Pahlawan!

Selamat Hari Pahlawan!

Selamat Hari Pahlawan!

10 November banyak orang yang mengucapkan Selamat Hari Pahlawan di Media Sosialnya. Tetapi sebenarnya, siapakah Pahlawan itu?

Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 33 tahun 1964 tentang penetapan, penghargaan, dan pembinaan terhadap pahlawan Bab I Pasal 1, yang dimaksud dengan pahlawan dalam peraturan ini adalah sebagai berikut.

  • Warga Negara Republik Indonesia yang gugur atau tewas atau meninggal dunia akibat tindak kepahlawanannya yang cukup mempunyai mutu dan nilai jasa penjuangan dalam suatu tugas perjuangan untuk membela Negara dan bangsa.
  • Warga Negara Republik Indonesia yang masih diridai dalam keadaan hidup sesudah melakukan tindak kepahlawanannya yang cukup membuktikan jasa pengorbanan dalam suatu tugas perjuangan untuk membela Negara dan bangsa dan dalam riwayat hidup selanjutnya tidak ternoda oleh suatu tindak atau perbuatan yang menyebabkan menjadi cacat nilai perjuangan karenanya.

Sementara dikutip dari web Kementrian Sosial, Arti Gelar Pahlawan adalah Penghargaan Negara yang diberikan Presiden kepada seseorang yang telah gugur atau meninggal dunia atas perjuangan, pengabdian, darmabakti dan karya yang luar biasa kepada bangsa dan Negara. Di web tersebut juga dituliskan prosedur pengusulan seseorang untuk menjadi Pahlawan.

Dan menurut UU no 20/2009

“Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia”

Sangat menarik jika kita melihat hal-hal di atas. Penentuan seseorang untuk menjadi pahlawan tidaklah mudah. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Lalu bagaimana dengan kita? Jika hal-hal di atas mengkategorikan syarat dan ketentuan seorang pahlawan bagi kehidupan Negara, tentu kita sendiri mempunyai syarat-syarat tersendiri tentang siapa yang menjadi pahlawan dalam kehidupan kita. Silahkan kita refleksikan, siapakah mereka?

Selamat hari Pahlawan!

Salam Damai,
Ewaldo Reis Amaral

*sumber foto: path

Baca Juga: Indonesia Sudah Merdeka, Bung! HERE

Baca Juga: Harga BBM Naik, Terus..? HERE 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s