Learning Week @Schneider Electric

Periode 13-17 Oktober 2014 dijadikan Schneider Electric sebagai Learning Week. Program yang dijalankan secara global ini mengajak para karyawan untuk terus antusias dalam belajar apapun bentuknya. Tak ketinggalan, Schneider Electric Indonesia juga melaksanakan event ini.

Cap tangan 'Learning Commitment'

Cap tangan ‘Learning Commitment’

Di Jakarta, Learning Week dilangsungkan pada 15-17 Oktober. Dimulai dengan opening ceremony, hingga acara inti yaitu Employee Teaching Session. Pada opening ceremony ada sebuah sesi menarik dari Pak Riyanto Mashan sebagai Country President Schneider Electric Indonesia yang bercerita bagaimana dirinya yang dulunya seorang engineer mampu menjadi seorang Country President. Pengalaman-pengalaman belajarnya Ia sharingkan kepada karyawan. Opening Ceremony ditutup dengan memberikan cap tangan Learning Commitment.

Employee Teaching Session

Employee Teaching Session

Pada hari esoknya, sesi-sesi menarik dimulai. Pagi hari dimulai dengan sesi dari HR mengenai pembentukan Individual Development Plan, lalu dilanjutkan mengerjakan e-Learning modul. Setelah itu dilanjutkan dengan book sharing. Buku yang di sharing kan adalah everything store, yang bercerita mengenai Jeff Bezos dan Amazon.com nya. Diskusi menarik terlihat saat membahas bagaimana perkembangan bisnis Amazon.com yang cukup pesat. Sesi terakhir di hari kedua ini adalah pelatihan CPR (Cardiopulmonary resuscitation). Sesi dari safety officer ini begitu menarik ketika peserta diajak untuk melakukan praktek memberikan nafas buatan kepada korban yang ingin ditolong. Hari terakhir, 17 Oktober dimulai dengan sesi belajar fotografi dan membuat video. Tak hanya teori, tetapi para karyawan juga melakukan secara praktek bagaimana mengambil momen yang baik serta latihan membuat video. Sesi selanjutnya adalah belajar mengenai personal investasi. Hal-hal yang disharingkan mulai dari Personal Cash Flow hingga produk-produk investasi. Diskusi terasa menarik ketika karyawan saling berbagi cerita mengenai pengalaman investasinya serta mengajak dan mengingatkan karyawan yang masih muda untuk memulai investasi sedini mungkin. Saya menutup Employee Teaching Session dengan sharing mengenai hypnotherapy, mulai dari apa itu pikiran sadar dan bawah sadar, arti dari hipnosis, hingga melakukan tes sugestivitas sehingga karyawan mengetahui tingkat sugestivitas yang mereka miliki. Learning Week diakhiri dengan kompetisi cerdas cermat yang bertema “How well do you know Schneider?”. Hal yang menarik mengenai event ini adalah komitmen Schneider terkait belajar/Learning. Walaupun kita sudah berada di level yang tinggi, rasa antusias belajar janganlah sampai hilang. Belajar pun dapat didapat dari mana saja. Seperti yang terjadi di Learning Week, karyawan juga dapat belajar dari sesama karyawan (Employee Teaching Session). Walaupun yang mengajar adalah teman sendiri, hal tersebut tidak menghalangi rasa niat belajar. Refleksi bagi diri kita masing-masing, seberapa dalam niat kita untuk terus belajar?

iLearn.iDevelop.iSucceed.
Because Learning is The Way to Grow
(Learning Week @Schneider Electric)

Salam Damai, Ewaldo Reis Amaral

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s