Schneider Electric Campus Ambassador 2014

schneider2 September 2014 yang lalu adalah hari anniversary saya dengan Schneider Electric. Bekerja 1 tahun di perusahaan yang memiliki tagline “global specialist in energy management” ini membuat saya menambah banyak pelajaran dan pengalaman. Salah satu project yang bisa saya hasilkan dalam periode 1 tahun sebagai management trainee – Human Resource adalah Schneider Electric Campus Ambassador (SECA).

Apa itu SECA? SECA adalah kumpulan mahasiswa yang telah melewati rangkaian seleksi dan penilaian sehingga dianggap layak dalam menjadi duta Schneider dalam mempromosikan manajemen energi di lingkungan kampus dan sekitarnya. Salah satu tahapan seleksi adalah membuat video yang di upload di youtube. Klik HERE untuk melihat video-video mereka. SECA 2014 ini adalah the first Schneider Electric Campus Ambassador di seluruh dunia. Belum ada SECA di negara lain, sehingga gagasan ini menarik banyak peminat dari mahasiswa. Hanya dalam waktu kurang dari 2 bulan publikasi, tercatat lebih dari 400 applicants  yang mendaftar.

Berikut adalah artikel yang ditulis oleh salah satu SECA asal Universitas Indonesia yang ditulis di kompasiana

Apa yang ada di benak Anda jika saya menyebut kata “energi”? Apakah yang terlintas adalah UU Minerba? Eksplorasi minyak dan gas oleh pihak asing? Atau energi baru dan terbarukan?

Apapun bisa terlintas di benak Anda mengenai energi. Sudah menjadi rahasia umum jika saat ini banyak masyarakat di dunia yang berbondong-bondong berbicara mengenai energi. Energi menjadi isu yang seksi untuk diperbincangkan oleh hampir semua golongan masyarakat. Sumber daya energi merupakan kekayaan alam Indonesia dan dikuasai oleh negara untuk digunakan dalam rangka mencapai kemakmuran rakyat sebagaimana tercantum dalam Pasal 33 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Seperti dikutip dalam laman Dewan Energi Nasional, energi memegang peranan penting dalam peningkatan kegiatan ekonomi dan ketahanan nasional. Oleh karenanya, pengelolaan energi yang meliputi penyediaan, pemanfaatan, dan pengusahaannya harus dilaksanakan secara berkeadilan, berkelanjutan, rasional, optimal, dan terpadu. Cadangan sumber daya energi tidak terbarukan terbatas, maka perlu adanya kegiatan penganekaragaman sumber daya energi agar ketersediaan energi terjamin.

Salah satu hal sederhana yang dapat kita lakukan demi terjaganya keberlangsungan energi adalah dengan menerapkan prinsip pemakaian energi se-efisien mungkin dalam semua sektor kehidupan kita. Seperti yang kita tahu, Schneider Electric adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang elektrik dan berkomitmen penuh pada prinsip efisiensi energi. “Global Specialist in Energy Management” adalah moto dari Schneider Electric. Kesadaran untuk mulai menerapkan efisiensi energi dapat kita mulai dari lingkungan dimana kita berada. Oleh karena itu, Schneider Electric Indonesia menginisiasi sebuah program yang bertajuk Schneider Electric Campus Ambassador. Program ini telah memilih 12 mahasiswa se-Indonesia yang telah melewati beberapa tahap seleksi. Ke-12 mahasiswa ini diharapkan dapat menjadi agent of change dalam hal efisiensi energi.

Berikut adalah nama-nama Schneider Electric Campus Ambassador:

1. Maulidya Falah, Teknik Elektro UI

2. Bonifasius Kevin Ramada, Teknik Elektro Unika Atma Jaya

3. Reza Rizky Darmawan, Teknik Elektro ITB

4. Devira, Manajemen UNPAD

5. Muhammad Agung Agriza, Teknik Industri Telkom

6. Edwards Lie, Universitas Maranatha

7. Sisca Paramita Dwi Respati, Manajemen UNAIR

8. Radhitya Pujosakti, Teknik Elektro UNDIP

9. FA Brian Ganda Pratama, Teknik Elektro UKSW

10. Muhammad Nur Wangsa Saputra, Teknik Elektro UGM

11. Rida Nurafiati, Akuntansi UGM

12. Ardiansyah, Teknik Elektro ITS

SECA profile on youtube: HERE

Bersama SECA dan Country President Schneider Electric Indonesia, Riyanto Mashan

Bersama SECA 2014 dan Country President Schneider Electric Indonesia, Riyanto Mashan

Satu hal yang membuat saya bangga dan salut adalah antusiasme mereka dalam mempromosikan manajemen energi di lingkungannya. Perubahan dengan kehidupan kampus yang memiliki tantangan tambahan sejak menjadi SECA seolah tak menjadi masalah bagi mereka. Kita tunggu ‘sepak terjang’ mereka!🙂

I believe that change needs to be ongoing, so that the company can step up the process when necessady. It’s like sport: if you stop running, it’s hard to get going again, never mind sprint
(Jean-Pascal Tricoire, CEO Schneider Electric)

Salam Damai,
Ewaldo Reis Amaral

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s