Kalau Mau Termotivasi, Jangan Baca Ini!

Bagaimana cara mudah menumbuhkan motivasi?

Motivasi berasal dari dalam diri sendiri

Motivasi berasal dari dalam diri sendiri

Secara perlahan pekerjaan sebagai motivator berkembang dengan pesat. Banyak orang beramai-ramai menuliskan artikel mengenai motivasi, menulis buku, hingga membuka kelas dengan investasi yang tidak murah. Semahal itu kah kita untuk mendapatkan motivasi?

Begitu banyak teori motivasi yang dapat kita temui di internet. Salah satunya dari Maslow yang membagi motivasi dalam hierarki yang berbentuk piramid, dimulai dari kebutuhan biologis hingga psikologis. Ada lagi teori dari Herzberg, Douglas Mc Gregor, dan masih banyak lagi. Bisa juga kita temui buku-buku motivasi yang ditulis oleh para motivator, mulai dari level nasional hinggal internasional. Sebut saja Anthony Robbins, Mario Teguh, Merry Riana, Bong Chandra, dll. Pertanyaannya, apakah untuk membangkitkan motivasi memerlukan buku atau menghadiri kelas mereka?

Dari sekian banyak teori motivasi, ada cara simpel untuk membangkitkan motivasi dengan murah meriah. Gunakan opsi “mendekati” dan “menjauhi”. Mendekati yang dimaksud adalah kita membayangkan atau mengharapkan sesuatu yang baik akan terjadi. Sementara menjauhi sebaliknya, membayangkan atau mengharapkan sesuatu yang buruk akan terjadi.

Contoh sederhana:

Seorang salesman yang dibebani target oleh perusahaannya. Berdasarkan pada opsi mendekati dan menjauhi, sang salesman bisa memacu hasil penjualannya. Misalnya Ia memilih opsi mendekati. Ia akan membayangkan hal-hal yang menyenangkan akan terjadi pada dirinya jika Ia berhasil mencapai target, misal: mendapat bonus hingga kenaikan jabatan. Bagaimana jika ia memilih opsi menjauhi? Ia akan membayangkan hal-hal yang buruk akan terjadi pada dirinya jika ia tidak mencapai target, misal: tidak mendapat bonus hingga berakhir pada performa buruk dan pemecatan.

Contoh berikutnya adalah seorang murid. Seorang murid dapat menggunakan opsi mendekati atau menjauhi untuk membangkitkan semangat dalam belajar. Opsi mendekati dapat berupa membayangkan nikmatnya naik kelas, mendapat penghargaan sebagai murid berprestasi, hingga mendapatkan hadiah dari orang tua. Lalu, bagaimana jika menjauhi? Sang murid bisa saja membayangkan suramnya tidak naik kelas, nama baik orang tua yang hancur, hingga masa depannya yang tidak jelas jika tidak rajin belajar. Simpel kan?🙂

Mana yang lebih efektif: mendekati atau menjauhi?

Menurut saya tergantung pada orang masing-masing. Ada orang yang memang bisa menemukan motivasi dengan menggunakan opsi mendekati, ada juga orang yang bisa terpacu motivasinya jika menggunakan opsi menjauhi. Jika sedang merasa tidak memiliki motivasi dalam bekerja, sekolah, kuliah atau bahkan dalam hidup, silahkan pilih opsi mana mana yang akan anda gunakan, mendekati atau menjauhi. Murah meriah. Tidak perlu bayar mahal.

So, jika sudah bisa memotivasi diri sendiri, kita tidak perlu bayar mahal-mahal untuk dimotivasi oleh para motivator, karena motivasi itu sesungguhnya sudah ada dalam diri kita masing-masing.

Semoga bermanfaat. (Silahkan baca artikel suplemen: Langkah Kunci untuk Berubah)

Salam Damai,
Ewaldo Reis Amaral

*Ada perbedaan antara motivasi dan inspirasi. Motivasi adalah hal-hal yang berasal dari dalam diri kita, sementara inspirasi adalah hal-hal yang berasal dari luar diri kita, misalnya pengalaman orang lain. Pengalaman orang lain yang menggerakan diri kita, yang membuat kita merasa semangat, itulah yang disebut inspirasi. Jadi sebenarnya motivator layaknya berubah nama menjadi inspirator😀. Karena mereka mempengaruhi orang untuk bergerak melalui cerita dan pengalaman mereka.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s