#KUchat bareng @KampusUpdate

Jumat, 13 Juni yang lalu, saya di invite oleh akun @KampusUpdate untuk kultwit #KUchat. Tema yang dibicarakan adalah “Turn Your Internship Into a Full-Time Job”. Dan, cukup menyenangkan karena di sini saya dapat sharing dan belajar dari orang lain. Berikut ringkasan #KUchat yang ditulis oleh tim @KampusUpdate.

#KUChat

Teman-teman, taukah kalian kalau kesempatan untuk bekerja bisa saja terbuka setelah kita melewati proses magang? Hari ini KU mendapatkan kesempatan untuk mendengar salah satu pengalaman teman kita yang berhasil bekerja di perusahaan tempat dia pernah magang sebelumnya, dia adalah Ewaldo Reis Amaral.

Ewaldo merupakan Excellent Class Program Accounting @trisakti, Founder of Muda Prestasi, dia juga merupakan Management Trainee HR di Schneider Eletric Indonesia. Saat ditanyakan mengenai projek-projeknya selama mahasiswa, Ewaldo menyebutkan beberapa projek yang pernah dia kerjakan. Mulai dari Wakil Ketua Himpunan @bphmjaktrisakti, Bendahara @TrisaktiScout, sampai Departemen SDM di @imaijakarta. Dia juga mendirikan @imyoungleader (muda prestasi) bersama @farahdinahera di daerah Jember, Jawa Timur. Di sana Ewaldo dan kawan-kawan @imyoungleader mensupport anak-anak dalam bidang pendidikan. Ewaldo juga mencoba berwirausaha dengan mendirikan Vendor Training Pengembangan Diri @Corpora_ dan masih berlanjut hingga sekarang. Tidak kalah berprestasi, dalam bidang akademik, Ewaldo masuk dalam Kelas Unggulan FE Universitas @trisakti_dan lulus dengan nilai Cumlaude. Dia juga pernah magang di perusahaan minyak dan gas.

Ewaldo pun membagi cerita mengenai perjalanan karir sejak dia lulus kuliah. Ewaldo sendiri memiliki minat dalam bidang SDM atau sumber daya manusia. Dia merasa menemukan hal tersebut di Schneider Electric. Pada awalnya, Ewaldo ditempatkan didivisi Finance and Order Management karena sesuai dengan latar pendidikanya. Namun, seiring berjalan waktu, Ewaldo tak henti memperlihatkan minatnya pada bidang SDM, dia akhirnya berhasil ditempatkan dibagian HR. Saat dia sudah berada dibagian HR, Ewaldo mengerjakan beberapa projek: SOP untuk HR, Business Process, Learning Plan, Training Calendar, hingga Schneider Electric Campus Ambassador. “Most of my projects are pilot projects in regional zone (East Asia). SOP buatan saya di adopsi Schneider Vietnam, dan Schneider Electric Campus Ambassador sangat disambut baik di level Regional Zone karena merupakan inisiatif yang baru.” Tambah Ewaldo. Saat ditanyakan hal apa saja yang harus disiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja, Ewaldo menjawab tiga hal penting: temukan minatmu, ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih menyenangkan, lalu mental, kita harus membentuknya agar menjadi seseorang yang professional, dan magang, hal ini akan memermudah proses adaptasi di dunia kerja. Ewaldo juga menekankan ada satu hal yang penting untuk diantisipasi saat memulai karir di dunia kerja, yaitu budaya. Jangan sampai budaya selama masih menjadi mahaiswa terbawa hingga sudah bekerja, karena dapat menghalangi kita dalam memberikan performa terbaik dalam bekerja. “Budaya ngaret mahasiswa harus hilang. Cara bicara dan cara bersikap haruslah dibentuk menjadi seorang profesional.” Ujar Ewaldo. Sebelumnya, Ewaldo menyebutkan magang merupakan faktor penting yang perlu dilakukan saat kita masih kuliah, namun, saat ditanyakan manakah yang lebih penting antara magang dan organisasi, Ewaldo menjawab bahwa keduanya sangat penting dan saling mengisi. Semua bergantung pada jenis organisasi apa yang diikuti dan seberapa besar kontribusi dalam organisasi tersebut, jangan sampai hanya “numpang nama dan numpang eksis”. Sama halnya dengan magang, apakah kita hanya menjadi anak magang yang biasa saja atau menjadi anak magang yang performa kerjanya sangat baik.
Sehubungan dengan latar Ewaldo sebagai HR, saat ditanyakan mengenai bagaimana cara mengirim lamaran kerja yang baik agar HR tertarik untuk merekrut kita, Ewaldo menhawab, “Tiga tips sederhana: 1. Buat CV singkat dan jelas. Sebisa mungkin hanya berjumlah 2-3 halaman. CV tebal hanya menghabiskan kertas. 2. Cari informasi yang banyak mengenai perusahaan yang ingin diapply. Mulai dari bidang usaha, budaya , hingga company value. Terakhir, mengisi CV dan Cover Letter yang mengarah pada passion dan kelebihan kita, digabung dengan segala info yang kita miliki tentang perusahaan tsb. Tunjukkan kalau kita niat dan akan memberikan kontribusi di sana.” Tidak lupa, Ewaldo juga memberikan tips bagaimana cara agar anak magang dapat diterima sebagai pegawai tetap. Hal ini berhubungan dengan penjelasannya sebelumnya bahwa kita harus menjadi anak magang yang sangat baik dan bekerja secara maksimal. Jangan menunggu untuk diberikan tugas, tetapi kita harus aktif mencarinya. Kerjakan dengan penuh tanggungjawab sesuai dengan apa yang diperintahkan. Kerjakan dengan elegan agar perusahaan dapat melihat kemampuan kita. Beberapa orang gemar berpindah tempat magang, menurut Ewaldo, agar hal ini tidak terjadi, pastikan untuk mengetahui dengan baik mengenai perusahaan yang dituju sebelum mendaftar.

Terakhir, Ewaldo memberikan beberapa pesan untuk teman-teman agar sukses didunia kuliah dan kerja. Pertama tentukan tujuan akhir kita apa. Bayangkan apa yang sedang kalian lakukan 20-30 tahun mendatang. Setelah itu, susun strategi untuk meraihnya. Kedua, networking and skill. Menurut Ewaldo, relasi yang positif akan selaras dengan kesuksesan. Begitu pula kemampuan atau skill. “Paling tidak kuasai kemampuan komputer seperti Microsoft (word, excel, ppt).” Tambah Ewaldo. Jangan lupa persiapkan kemampuan Bahasa Inggris dan kemampuan inisiatif. Terakhir, “ ‘Use your mind for success’. Pikiran kita sangatlah luar biasa. Seluruh kejadian yang kita alami sesungguhnya bersifat netral. Pikiran kita yang memberi rasa pada setiap kejadian tersebut.” Kata Ewaldo.

Bagi teman-teman yang masih ingin berbincang, kalian bisa langsung menghubungi Ewaldo melalui akun twitternya @ewaldoapra atau via email ewaldoapra@yahoo.com.

Semoga bermanfaat!

Link: #KUchat bersama Ewaldo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s