7 Tips Menciptakan Bangun Tidur yang Super Segar

Hampir setiap dari kita pernah mengalami masalah insomnia. Menurut Wikipedia, insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis.

Beberapa orang pernah datang dan menghubungi saya untuk diterapi agar tidak mengalami insomnia lagi. Mereka merasa lelah dan letih karena tidak memiliki kualitas tidur yang baik karena insomnia. Sebenarnya ada beberapa cara simpel agar kita tidak mengalami insomnia lagi, bahkan dapat bangun dalam keadaan yang super-segar.

1. Olahraga dan minum air putih

Banyak dari kita ingin tidur dengan nyenyak dan bangun dengan segar, tapi lucunya, kita malas berolahraga dan minum air putih. Padahal dari kecil kita diajarkan bahwa dengan olahraga dan minum air putih yang cukup akan sangat membantu metabolisme tubuh. So, masih malas berolahraga dan minum air putih?

2. Kegiatan selama pagi, siang, hingga malam hari

Kegaitan-kegiatan yang kita lakukan selama 1 hari tersebut akan mempengaruhi kualitas tidur yang kita hasilkan. Tidak melakukan kegiatan selama 1 hari dapat membuat kita susah tidur/insomnia.

3. Kondisi tempat tidur yang nyaman

Kondisi tempat tidur memainkan peran penting pada seberapa kualitas tidur yang kita hasilkan. Mulai dari warna tembok, kasur, sprei, hingga aroma kamar dibuat senyaman mungkin dengan diri dan pikiran kita.

4. Selesaikan pekerjaan yang terpikirkan

Seringkali begitu ingin tidur kita terpikirkan dengan beberapa kegiatan/pekerjaan. Misal kita terpikir apakah pintu rumah sudah dikunci atau belum, atau ada email yang belum dibalas, dsb. Selesaikan pekerjaan-pekerjaan yang memang terpikirkan dan menuntut untuk dikerjakan saat itu juga. Hilangkan rasa khawatir tersebut, karena akan berperan penting dalam menciptakan kualitas tidur yang baik.

5. Self Hypnosis (Self talk and Visualization

Self Hypnosis adalah suatu proses di maka kita melakukan hipnosis pada diri sendiri melalui rangkaian self talk dan visualization. Apa itu self talk? Bisa dilihat di sini. Self talk dapat memiliki pengaruh yang besar karena tanpa disadari hal tersebut sama dengan melakukan program sugesti dalam diri kita dan terekam di pikiran bawah sadar. Niat dan yakini bahwa kita mengizinkan badan kita beristirahat dan dapat bangun dalam keadaan segar bugar. Kita bisa memulai dengan Self talk seperti ini. “Saya memejamkan mata saya pada saat ini, pada pukul 9 malam. Saya mengistirahatkan pikiran dan seluruh tubuh saya dengan nyaman dan rileks. Sangat tenang, sangat nyaman, dan santai. Saya membuka mata saya pada pukul 5 pagi dan bangun dengan keadaan sangat segar dan bugar. Bangun dengan kondisi yang fit dan siap beraktifitas.”  Sembari mengucapkan kata-kata tersebut kita melakukan visualization atau membayangkan diri kita yang tertidur dengan nyenyak dan nyaman pada pukul 9 malam, serta bangun jam 5 pagi dalam kondisi yang segar bugar. Tambahkan emosi positif di dalamnya. Bisa pula ditambah dengan musik-musik instrumen yang bertempo lambat dan pelan. Hal-hal tersebut dapat membantu kita untuk menurunkan aktifitas gelombang otak kita dan mengarahkan pikiran dan badan untuk tidur.

6. Doa

Tak perlu dibahas terlalu detail kan?😀 Doa sebelum tidur membantu kita untuk lebih rileks, santai dan tenang. Kita pasrahkan kegiatan tidur kita dalam tangan-Nya.

7. Setelah bangun tidur

Sesaat setelah bangun tidur, lakukan peregangan singkat. Minum air putih dan segera mandi untuk menambah segar diri kita.

7 tips sederhana ini dapat kita lakukan dengan mudah. Badan akan dengan mudah diajak beristirahat dan tidur, serta akan terasa segar bugar selepas tidur. So, good bye insomnia! dan Selamat datang Badan Super Segar!🙂

Salam,
Ewaldo Reis Amaral

Baca Juga “Otak Kita itu Penipu!” HERE
Baca Juga “Apa Gunanya Sekolah?” HERE
Belajar Hipnotis sampai BISA’ hingga ‘GRATIS Terapi’ :  Di Sini

One thought on “7 Tips Menciptakan Bangun Tidur yang Super Segar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s