Sumbang Saran Vs Saran Sumbang

Melihat judul postingan di atas, muncul pertanyaan ‘apa bedanya’? Yuk, kita bahas satu per satu.

Siapa di antara kita yang tidak pernah memberi komentar? Siapa di antara kita yang tidak pernah memberi nasehat atau masukan kepada orang lain? Sebagai contoh. Ada seorang kerabat yang gemar merokok. Jika kita seorang yang tidak merokok, kita akan menyarankan teman kita tersebut untuk berhenti merokok. Ya, kita memberi nasehat, kita memberi komentar dan saran. Lantas, setelah kita memberi saran apa yang kita lakukan? Sudah itu saja? Apakah dengan sumbang saran seperti itu akan ada perubahan di kerabat kita?

Contoh lain. Kita memiliki rekan kerja yang memiliki sifat malas.  Kita menegur dan menasehatinya untuk bekerja dengan rajin dan giat. Setelah itu, apakah ada perubahan yang signifikan?

Bagaimana dengan orang yang memilih untuk saran sumbang? Setelah kita memberi saran, teguran, atau nasehat, kita turut berpartisipasi terhadap perubahan yang diinginkan. Kita memilih tidak hanya untuk memberi saran, melainkan juga menyumbangkan tenaga, uang, atau ide agar perubahan tersebut tercapai.

Tidak banyak orang yang memilih untuk melakukan ‘saran sumbang‘. Kita biasa terlena dengan hanya ‘sumbang saran‘. Padahal sebuah saran tidak akan menjadi suatu perubahan jika tanpa ada dorongan untuk action, dan salah satu cara memunculkan dorongan untuk action tersebut adalah ketika kita -sang pemberi saran- ikut turun andil menyumbangkan tenaga, uang, atau ide milik kita demi terciptanya perubahan.

Bisa kita mulai dari yang simpel seperti 2 contoh di atas. Saran sumbang seperti apa yang bisa kita lakukan? So, ADVICE and SUPPORT!

Salam,
Ewaldo Reis Amaral
yuk saran sumbang

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s