Perbedaan itu Indah

Sebuah ungkapan jadul terlintas di pikiran saya. “Beda itu Indah”. Dalam menghadapi sesuatu hal, kita akan dihadapkan pada pandangan positif dan negatif. Ada orang yang menganggap perbedaan itu adalah sebuah halangan dan rintangan, akan tetapi banyak juga orang yang menganggap perbedaan itu adalah hal yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan bersama karena perbedaan itu saling melengkapi.

Tinggal di Negara yang tumbuh dengan ragam perbedaannya, masyarakat Indonesia seharusnya bersyukur akan hal itu. Perbedaan-perbedaan tersebut dapat membuat kehidupan bermasyarakat menjadi lebih indah, lebih tenggang rasa, dan saling tolong menolong.  Akan tetapi, mengapa saat ini kita seperti terpecah? Tak peduli satu sama lain. Saling menjatuhkan dengan mengklaim bahwa golongannya lah yang paling benar. Perbedaan yang seharusnya indah menjadi luntur, entah siapa yang memulai menghasutnya.

Saat kemarin sedang berselancar di dunia Twitter, saya menemukan foto ini dan sangat menyentuh. Saya posting juga di facebook saya, dan hingga hari ini mendapat 44 likes.

We Should Change

We Should Change

Ditambah lagi sebuah lagu gubahan seorang pengamen yang nekat ikut Indonesian Idol. Pujiono namanya. Pengamen ini menciptakan lagu berjudul Manisnya Negeriku. Ia memang tidak lolos, tapi lagu ciptaannya layak membuat kita merenung dan berpikir, sudah tidak berlaku lagikah “Pancasila” dan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” di Negeri ini?

Semoga bermanfaat.

Salam,
Ewaldo Reis Amaral

‘Belajar Hipnotis sampai BISA’ hingga ‘GRATIS Terapi’ :  Di Sini

One thought on “Perbedaan itu Indah

  1. Karena semakin hari, kebenaran yang dulu diyakini banyak orang semakin semu. Yang dulu benar, sekarang salah dan sebaliknya yang dulu salah malah sekarang benar. Di tengah kebimbangan itu sebagian besar orang berpaling pada kebenaran yang menurut mereka hakiki, yaitu kebenaran agama, dan terjadilah hal-hal “pembenaran” seperti yang terjadi dewasa ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s