Pendidikan = Mesin Percetakan

Pendidikan tak hanya sekadar nilai dan lulus ujian

Pendidikan tak hanya sekadar nilai dan lulus ujian

Pernah melihat mesin? Saya rasa mayoritas di antara kita tahu dan pernah melihat mesin, bahkan tahu proses bagaimana sebuah mesin bekerja. Secara garis besar, proses mesin bekerja terbagi atas 3 aspek. Input, Process, dan Output. Input adalah bahan-bahan mentah yang siap diolah menjadi suatu barang yang memiliki added value(nilai tambah). Agar tercapai sebuah barang yang memiliki nilai tambah, makan barang tersebut haruslah melalui sebuah proses. Proses ini lah yang membuat bahan-bahan mentah tersebut menjadi sebuat barang output yang memiliki nilai lebih.

Beberapa waktu belakangan ini pikiran saya tertuju pada potret pendidikan di Indonesia. Potret masa depan bangsa ini. Potret proses percetakan para pemimpin masa depan. Yap, tak bisa dipungkiri, pendidikan adalah mesin yang mencetak pemimpin-pemimpin masa depan bangsa ini. Apa jadinya jika mesin percetakan ini rusak, tak terurus, dan salah pengaturan?

Pendidikan ibarat mesin. Mereka memiliki Input, Process, dan Output. Langkah pertama adalah input. Sebagai sumber daya manusia yang masih mentah, ketika kecil kita dihadapkan pada tugas sebagai pelajar. Kita berproses di sana. Kita melalui proses belajar sebagai pelajar hingga mahasiswa. Lantas, apakah hasil/output dari pendidikan ± 16 tahun tersebut? Seorang professional yang tidak jujur dan menyalahgunakan keahliannya, seorang politikus yang korupsi, hingga tingkat penggangguran yang tinggi?

Jika kita ingin membuat kue nastar, tidak mungkin kita menggunakan resep membuat kue bolu. Jika kita ingin mencetak orang-orang yang inovatif, handal, dan professional, tentu kita juga harus menggunakan sistem yang dapat mencetak orang-orang seperti itu. Seorang koki pun akan mengevaluasi proses pembuatan makanannya ketika hasil masakannya tidak sesuai yang diharapkan. Lantas bagaimana dengan sistem pendidikan kita? Masihkah kita bertahan dengan proses yang ada sekarang? Menyalahkan pemerintah sepertinya hanya akan membuang-buang waktu.

Tak ada yang salah dengan pendidikan yang menitikberatkan pada nilai dan kemampuan menjawab soal dengan benar dan cepat. Tetapi, sisi pendidikan lebih besar dari itu. Proses belajar bukan hanya memastikan siswa mampu menyelesaikan tugas dengan tepat, tetapi juga melihat bagaimana cara siswa tersebut menyelesaikan tugasnya, bagaimana siswa tersebut peduli dengan teman-temannya yang kesulitan dalam belajar, bagaimana siswa tersebut berkomunikasi dan menjalin kerja sama dengan teman-temannya, bagaimana siswa tersebut peka dengan keadaan sekitarnya, bagaimana siswa tersebut berperilaku kepada orang tua, guru, teman, dan lingkungan sosialnya, bagaimana siswa tersebut mampu membawa diri dalam lingkungannya, bagaimana siswa tersebut berpikir secara inovatif dna kreatif, bagaimana agar siswa tersebut hidup secara mandiri, dan masih banyak bagaimana-bagaimana  yang lain.

Proses-proses bagaimana itu lah yang menjadi resep terlupakan dalam membentuk sebuah output. Ibarat mesin, jika proses salah, maka output tak akan jauh dari salah juga. Ki Hajar Dewantara pernah berkata, manusia memiliki daya jiwa yaitu cipta, karsa dan karya. Pengembangan manusia seutuhnya menuntut pengembangan semua daya secara seimbang. Pengembangan yang terlalu menitikberatkan pada satu daya saja akan menghasilkan ketidakutuhan perkembangan sebagai manusia.

Pendidikan bukan hanya sekadar nilai dan lulus ujian. Bukan hanya kemampuan menjawab soal.
Education is more than that!

Salam,
Ewaldo Reis Amaral
Kontribusi apa yang bisa kita berikan untuk proses tersebut?

Jadwal Bulanan Corpora Training and Therapy :  Di Sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s