Langkah Kunci untuk Berubah

Ketika membaca judul artikel ini, jangan dikaitkan dengan berubah ala power ranger atau superman ya! :p Lalu berubah apa dong?

Sebelum lebih lanjut, silahkan baca artikel ini (Kebanyakan dari Kita itu “Lucu”). Banyak di antara kita ingin untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk kita. Mulai dari berhenti merokok, berhenti bermalas-malasan, ingin lebih rajin olahraga, ingin lebih rajin beribadah, dan masih banyak keinginan-keinginan positif lainnya yang kita ingin lakukan. Mudah melakukannya? Banyak orang mengatakan tidak.

Berapa banyak orang yang mengatakan ingin hidup sehat? Berapa banyak orang yang mengatakan ingin berhenti merokok? Berapa banyak orang yang mengatakan ingin rajin berolahraga agar tubuhnya bugar? Pertanyaan terakhir, berapa banyak orang yang berhasil?

Beberapa orang bertanya dan datang kepada saya untuk diterapi agar menghilangkan salah satu kebiasaan buruknya. Sebelum terapi, saya sarankan 1 langkah awal yang merupakan langkah kunci untuk berubah. Saya meminta mereka untuk membuat list 1 alasan utama dan minimal 30 alasan lainnya mengapa mereka ingin menghilangkan kebiasaan buruknya. Kenapa?

Sebagai manusia kita memiliki energi untuk bergerak dan berpindah. Energi yang besar itu tak dapat kita gunakan untuk bergerak  dan berpindah jikalau kita tidak tahu alas an mengapa kita harus bergerak. Ketika kita lapar, maka kita akan bergerak untuk mencari makanan. Ketika ingin buang air kecil, kita langsung menuju toilet. Kita bergerak karena kita memiliki alasan mengapa hal tersebut harus kita lakukan. Jika kita tidak makan, maka perut akan tetap lapar dan kita akan jatuh sakit. Jika kita tidak segera buang air kecil kita bisa mengalami gangguan pada ginjal.

Begitu juga ketika ingin berubah dan menghilangkan kebiasaan buruk. Kita harus menata serta mengatur mental dan pola pikir kita dengan menyusun alasan-alasan yang kuat mengapa kita harus berubah. Seperti yang saya sebutkan tadi di atas, minimal kita memiliki 1 alasan utama dan 30 alasan lainnya. Susah? Enggak juga. Saya juga masih belajar menyusun alasan-alasan yang kuat ketika ingin berubah. Mungkin akan lebih mudah kalau ada contoh.

Misalnya, seorang pelajar yang ingin lebih rajin belajar. Dia harus mempunyai alasan yang kuat kenapa dia harus lebih rajin belajar. Setelah berpikir dan merenung, dia menulis seperti ini: “Saya ingin lebih rajin belajar karena ingin membahagiakan kedua orang tua saya”. Oke , good. Dia sudah memiliki 1 alasan utama, dan selanjutnya dia memikirkan kembali 30 alasan lainnya mengapa diaharus lebih rajin belajar. Mulailah dia menulis, “Saya ingin lebih rajin belajar, karena ingin cepat lulus. Saya ingin lebih rajin belajar, karena ingin mempunyai penghasilan sendiri. Saya ingin lebih rajin belajar, karena ingin jalan-jalan ke luar negeri, dsb”.  Selanjutnya sang pelajar tersebut membaca ulang alasan-alasan tersebut. Ia memastikan bahwa itulah alasan-alasan kenapa ia ingin berubah menjadi pelajar yang lebih rajin belajar. Lalu, kertas tersebut di tempel atau di taro di tempat-tempat yang mudah terlihat. Misalnya pintu lemari, cermin, atau dompet. Sesimpel itu lah langkah kunci ketika ingin berubah.

become better

become better

Memiliki alasan-alasan yang kuat untuk berubah adalah salah satu langkah kunci jika kita ingin berubah. Ketika sudah memiliki alasan-alasan yang kuat tersebut, perubahan akan semakin mudah dijalankan. Jadi ingin hidup sehat, ingin berhenti merokok, ingin rajin berolahraga, serta ingin mencapai segala keinginan-keinginan positif kita? Pastikan bahwa kita memiliki alasan-alasan yang kuat mengapa hal-hal tersebut harus kita capai.

Semoga bermanfaat
Salam Damai,

Ewaldo Reis Amaral

 

Sudah niat ingin berhenti merokok? JOIN Terapi #YukBerhentiMerokok di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s