Katakan dengan Surat Cinta (II)

Setalah membaca postingan saya yang ini, ada beberapa orang yang meminta untuk dijelaskan lebih detail. Tujuan artikel ini adalah membuat kita menjadi seorang happier person, bukan hanya kita melainkan juga orang lain, orang-orang yang berjasa kepada diri kita pun akan menjadi happier person. Mari kita mulai dengan pertanyaan sederhana.

  1. Adakah orang yang berjasa kepada diri kita sejauh ini?
  2. Adakah orang yang memberikan dampak signifikan dalam hidup kita sejauh ini?
  3. Siapakah orang itu? Silahkan di list.
  4. Kapan terakhir kali kita mengucapkan terima kasih dengan tulus kepada orang lain?
  5. Sudah pernahkah kita mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang berjasa kepada kita?
Thank You!

Thank You!

Perlu kita sadari bahwa ungkapan kasih dengan perasaan yang tulus akan memberikan dampak emosi yang luar biasa baik bagi sang subjek maupun sang objek. Tanpa kasih, tidak ada hubungan, tidak ada masa depan, dan tidak ada kesuksesan bersama. Silahkan mengingat orang-orang di sekitar kita; orang tua yang penyayang, kerabat yang luar biasa, guru yang istimewa, tetangga yang hebat, hingga pasangan yang sangat pengertian. Ketika menghabiskan waktu bersama orang-orang tersebut, kita dapat merasakan bahwa mereka peduli dengan kita. Ucapan rasa kasih yang tulus dapat menjadi balasan positif untuk mereka.

Simak sebuah kisah berikut ini.

Dini adalah seorang karyawan yang telah bekerja 3 tahun di PT. XYZ. Ia bertanggung jawab di bagian marketing. Ia adalah seorang karyawan yang cukup berprestasi. Pada tahun pertamanya ia terlihat frustasi. Prestasi kerjanya tidak terlihat. Strategi marketing serta hubungan dengan klien terlihat datar-datar saja bahkan cenderung menurun. Pemikirannya selalu mengeluh dan sudah mengarah untuk resign.

Akan tetapi, HRD di perusahaan tersebut cukup heran ketika di tahun kedua, Dini justru menampilkan performance yang luar biasa. Ia berhasil mencetuskan ide-ide baru di divisinya dan membantu para sales untuk memenuhi target penjualan. Setelah ditelusuri, ternyata pergantian manajer di divisi marketing di awal tahun keduanya bekerja lah yang membuat Dini  memiliki performance yang gemilang. Ia menjadi seorang yang selalu semangat ketika bekerja. Bukan hanya Dini, melainkan seluruh karyawan di divisi tersebut merasakannya. Manajernya yang baru sangat mengapresiasi segala bentuk kerja Dini dan tim, berbeda dengan manajer sebelumnya. Sang manajer baru tidak segan-segan memberikan pujian bagi setiap karyawan yang berani untuk mencetuskan ide-ide sebagai terobosan baru., Alhasil, seluruh tim menjadi happy, tidak merasa takut salah dan mampu untuk membuat ide-ide segar untuk perusahaan.

Seorang karyawan akan lebih berprestasi ketika ia mendapat support yang luar biasa dari atasan. Setiap perkerjaannya di apresiasi dengan kasih yang tulus. Sang karyawan akan menjadi lebih bahagia dan dapat memberikan performa yang baik pula.

Bagaimana dengan kita? Sudahkan kita memberikan apresiasi kita kepada orang lain? Bagaimana jika kita belum berani mengatakannya secara langsung?

Terkadang kita tidak tahu apa yang ingin kita katakan pada orang lain, sekalipun hanya ingin berterima kasih. Silahkan ambil secarik kertas, tuangkan segala apresiasi kita terhadap orang tersebut dalam bentuk surat. Lalu, berikan surat cinta tanda terima kasih kita kepada mereka.

Silahkan luangkan waktu untuk menyatakan kasih dan apresisasi kepada orang-orang di dekat kita, terlebih yang memberikan pengaruh luar biasa pada diri kita. Katakan betapa berartinya mereka bagi hidup kita. Boleh saja menggunakan telepon, akan lebih indah jika bertemu dan memberinya pelukan. Jangan pernah menganggap orang itu tahu apa yang kita rasakan pada mereka. Katakan saja.

Karena, tak ada orang yang pernah kenyang dengan pernyataan kasih yang tulus. (Jim Dornan)

Salam Damai,

Ewaldo Reis Amaral

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s