Indonesia Sudah Merdeka, Bung!

17 Agustus selalu jadi momen menarik bagi Warga Indonesia. Perayaan 17an dibentuk dengan berbagai cara dengan kreatif. Pemasangan bendera Merah Putih di depan rumah, upacara bendera, hingga lomba-lomba yang selalu menghiasi peringatan hari kemerdekaan.

Akan tetapi akhir-akhir ini ada yang mulai khas ketika menjelang 17 Agustus. Kalimat-kalimat di media memajang tulisan “Kita Belum Merdeka”, “Indonesia Sudah Merdeka?”, dll. Ironis. Tujuannya mungkin baik, tetapi salah tempat. Di saat seharusnya kita bersyukur karena pengorbanan para pahlawan yang luar biasa kala itu, justru kita berfokus pada hal-hal negatif yang dimiliki bangsa ini.

John F Kennedy pernah mengatakan”Jangan tanyakan apa yang Negara berikan kepadamu,tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada Negara”. Kita boleh berpikir mengenai masalah-masalah dan pandangan negatif yang dialami bangsa kita, tetapi apa kita hanya bisa berkomentar? Sejauh apa pengorbanan dan persembahan yang telah kita berikan bagi Sang Saka Merah Putih? Apakah kita hanya bisa memberi pernyataan bahwa “Indonesia Belum Merdeka?”

Dulu darah dan keringat para pahlawan telah tumpah di medan perang, hanya untuk dapat berkata “Indonesia Merdeka!”. Apa perasaan mereka ketika kita justru mengklaim bahwa “Kita Belum Merdeka”?

Biarlah ini menjadi bahan permenungan bersama.

Semoga bermanfaat.

Merdeka!

Ewaldo Reis Amaral

4 thoughts on “Indonesia Sudah Merdeka, Bung!

  1. Manusia pada umumnya mencari kesejahteraan, entah itu sejahtera di dunia ataupun sejahtera di akhirat. Hingga kalau berpegang pada prinsip tersebut, manusia akan merasa bahwa dirinya tidak boleh untuk menderita. Sehingga, bilamana kemerdekaan bangsa ini lantas tidak membuat manusia makin sejahtera dan malah membuatnya makin menderita, bakal bermunculan anggapan bahwa negara ini belum merdeka. Sejujurnya, merdeka atau tidaknya negara ini tidak begitu berpengaruh bagi mereka, selama kesejahteraan masih jauh dari genggaman mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s