S2, Sertifikasi, atau Pengalaman?

Bulan Mei yang lalu, saya baru lulus dari Program Kelas Unggulan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti. Banyak masukan yang mengarahkan saya untuk segera membangun karir. Berbicara mengenai karir, dewasa ini memiliki ijazah S1 nampaknya tidak cukup. Berdasarkan info dari DetikCom jumlah pengangguran sarjana mencapai 360.000 orang. Hal tersebut membuat sebagian orang berfikir bahwa memiliki ijazah S1 saja tidak cukup. Perlu ada kapabilitas yang lebih (untuk membangun karir). Pandangan saya tertuju pada beberapa teman HEBAT di Finalis Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Jabar 2012 (di sini), Saya bertemu mereka di Final Selection dan Karantina PPAN Prov Jabar 2012. Ada di antara mereka yang lanjut S2 dengan beasiswa dalam dan luar negeri. Luar Biasa!

Di sisi lain saya mengamati bahwa tren sekarang lebih mengarah kepada penambahan kompetensi yang kita miliki menjadi seorang yang spesialis atau certified. Pelatihan (training) dan workshop untuk mengambil sertifikasi juga sedang marak-maraknya. Para HRD perusahaan juga mencari orang-orang yang memiliki sertifikasi yang non akademis.

Dilema bagi sebagian para lulusan adalah melanjutkan pendidikan ke S2, mengambil sertifikasi, atau mencari pengalaman terlebih dahulu? Ada beberapa orang yang telah menyiapkan dirinya untuk terus belajar dan menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Mereka telah menempuh berbagai macam tes untuk melengkapi persyaratan kualifikasi. Ada pula yang menambah kompetensi dirinya dengan sertifikasi dan pendidikan non akademis. Tak sedikit pula yang memilih untuk mencari pengalaman kerja terlebih dahulu.

Menyikapinya? Mungkin ada baiknya jika kita “memulai dari akhir“. Menetapkan apa tujuan akhir kita. Menetapkan apa “goal” dari kehidupan kita. Karena terkadang kita lupa apa tujuan akhir kita.

Semoga bermanfaat.

Salam Damai,

Ewaldo Reis Amaral

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s