Hypno Teaching : “Being A Superb Teacher”

Selamat hari yang baru untuk kita semua!🙂

Muda presMelihat judul di atas, artikel ini akan share mengenai penggunaan indirect hipnosis yang dapat digunakan oleh para guru, dosen, dan pengajar-pengajar lain ketika sedang mengajar. Hypno Teaching berarti menyajikan materi dengan menggunakan pendekatan pikiran bawah sadar. Saya percaya dengan menggunakan Hypno Teaching ini, setiap guru dapat menjadi guru yang luar biasa. Being A Superb Teacher!

Seperti yang pernah saja jelaskan di sini, pikiran bawah sadar kita menguasai hampir 90% dari kegiatan kita sehari-hari, atau kurang lebih hampir 9 kali dari pikiran sadar kita. Saya selalu mengatakan, jika dengan penggunaan yang sedemikian besar ini bisa kita optimalkan dengan baik, tentu kita akan menjadi orang yang luar biasa!🙂

Kembali ke topik Hypno Teaching. Lantas bagaimana penggunaannya? Dengan pemaparan yang sederhana di sini, semoga mudah untuk dimengerti.

1. BELIEVE

Apapun yang anda lakukan, pertama kali yakini diri anda bahwa anda pantas untuk mejadi seorang Superb Teacher! Beri motivasi pada diri sendiri bahwa anda memang layak menjadi guru yang luar biasa. Lakukan segala hal yang anda anggap bisa memperbesar kapasitas diri anda untuk menjadi seorang guru. Abaikan komentar-komentar negatif yang justru menghambat kemajuan anda.

2. Find The Reason

(Saran saya), cari minimal 30 alasan mengapa anda harus menjadi guru yang luar biasa. Banyak orang ingin menjadi “A”, ingin menjadi “B”, tetapi tidak memiliki alasan-alasan yang kuat mengapa dia harus menjadi “A”, ataupun menjadi “B”. Dengan memiliki (minimal) 30 alasan, anda memiliki pegangan yang kuat mengapa anda harus menjadi guru yang SUPERB!

3. Pacing & Leading

Pacing adalah menyamakan gerakan, suara, body languagehingga gelombang otak kepada klien, dalam kasus ini berarti peserta didik. Apa contohnya? Secara alamiah, manusia dapat menjalin komunikasi dengan lawan bicara ketika di antara mereka ada kesamaan. Tanpa adanya kesamaan dengan lawan bicara komunikasi akan terjalin tidak nyaman, bahkan komunikasi cenderung gagal. Seorang penggemar bola akan ngobrol dengan nyaman ketika lawan bicaranya juga penggemar bola. Bahkan walaupun mereka baru pertama kali bertemu, pembicaraan mereka akan terjalin dengan luwes.

Kalau di zaman sekarang, orang muda yang suka dengan musik-musik korea, akan memiliki komunikasi yang nyaman dengan mereka yang menyukai musik dengan genre yang sama. Mengapa? Karena ketika kesamaan tersebut bertemu, gelombang otak mereka secara tak sadar akan bertemu. Hal tersebut berlaku pula dengan guru. Ketika gelombang otak sang guru tidak sama dengan gelombang otak peserta didiknya, maka komunikasi yang diharapkan oleh guru tersebut tidak tercipta.

Setelah memiliki kesamaan gelombang otak, silahkan guru leading. Leading berarti memimpin atau mengarahkan peserta didik setelah proses pacing anda lakukan. Melakukan leading tanpa pacing sama saja dengan menyuruh atau memerintah. Hal tersebut akan menciptakan rasa yang tak nyaman di benak peserta didik. Sehingga mereka akan lebih mengharapkan anda sakit dan tidak mengajar dari pada anda masuk kelas dan bertemu dengan mereka.

4. POSITIVE

Sudah baca artikel saya yang ini? Jika belum saya sarankan anda, Jangan membaca artikel tersebut. Sedikit bocoran, artikel tersebut adalah artikel yang tidak boleh dibaca.

Kecenderungan dari otak manusia adalah menghilangkan kata-kata yang berbau negatif. Kata-kata yang negatif seolah di”skip” dan sengaja tak dibaca oleh otak kita. Itulah yang terjadi ketika guru mengatakan “jangan ramai” kepada peserta didiknya. Yang terjadi?

5. REWARD

Tak bisa dipungkiri, memberikan reward atas keberhasilan peserta didik akan terekam secara jelas di pikiran bawah sadar peserta didik. Mereka akan merasa mereka dianggap dan mereka percaya bahwa mereka mampu melakukannya. Tak perlu dengan barang yang mewah, cukup dengan pujian yang tulus dan ikhlas. Silahkan diberikan kritik yang berupa saran yang membangun, bukan untuk mejatuhkan.

6. Role Model

Percaya atau tidak, segala tingkah laku anda sebagai guru diperhatikan oleh peserta didik. Secara sengaja maupun tidak, mereka memilik penilaian tersendiri kepada anda. Jika anda adalah seorang guru yang mereka beri nilai tinggi, anda akan menjadi role model bagi mereka. Mereka akan meniru anda. Mereka aka menceritakan anda di manapun mereka nanti berada. Akan tetapi, jika mereka memberi nilai rendah, dapat anda bayangkan sendiri apa yang akan terjadi.

532991_396545897042351_211490632214546_1206803_842748503_n

Nah, itulah sedikit ulasan saya mengenai Hypno Teaching. Silahkan saja untuk mencoba salah satu metode dan bagian dari hipnosis ini. Jika ingin megulas materi ini lebih lanjut, silahkan kontak kami di sini.

Terima kasih.

Salam Damai dan Keep SUPERB!

Ewaldo Reis Amaral

Sumber foto: Muda Prestasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s