Sensasi Menyikapi Keadaan Negatif

Ada seorang teman yang datang kepada saya dan mengatakan bahwa dirinya begitu emosian. Ia menyadari bahwa dirinya memiliki tingkat emosi yang tinggi. Hal tersebut menyebabkan banyak temannya yang tak suka dengan dirinya. Lantas, ia bertanya apa solusi yang kira-kira dapat ia terapkan sehingga tingkat emosinya berkurang.

Saya terdiam. Setelah beberapa saat, saya teringat salah satu persamaan “Event + Response = Outcome”. Ya, persamaan itulah yang saya berikan kepadanya.

E + R = O

E + R = O

Secara simpel, persamaan ini bisa ditarik kesimpulannya. Sekarang kita fokus di kolom sebelah kiri, yaitu Event dan Response. Kita ambil angka paling rendah adalah angka 0 (nol) , sementara angka paling tinggi adalah angka 10 (sepuluh).

Event adalah kejadian yang terjadi, dan hal itu berarti Event adalah sesuatu yang tak dapat diubah. Misalnya menerima kabar duka, mendapat nilai yang jelek, lulus menjadi seorang sarjana, bahagia memiliki anak, dll. Event adalah kejadian yang memang terjadi di kehidupan nyata. Sementara Response adalah cara kita menanggapi Event yang memang telah terjadi. Menurut saya, Response adalah pola pikir, tanggapan, hingga tindakan kita. Lalu apa itu outcome? Outcome adalah jumlah dari Event dan Response. Penjumlahan nilai dari Event dan Response lah yang menghasilkan Outcome. Pada dasarnya, kita tentu menginginkan Outcome yang tinggi, bukan? Lantas apa contoh dari penjumlahan ini?

Kita ambil contoh kejadian adalah mendapat kabar duka. Dari skala 0-10, di mana 0 adalah angka paling rendah yang menunjukkan sesuatu yang negatif, sementara 10 adalah angka paling tinggi yang menunjukkan sesuatu yang positif, maka menerima kabar duka dapat digolongkan Event yang bernilai rendah (kita ambil angka 2 untuk menunjukkan rendahnya). Nah, karena event tersebut bernilai 2, (dalam rangka meningkatkan Outcome), maka kita harus menaikkan nilai dari Response kita. Semakin rendah response kita, maka semakin rendah pula Outcome kita. Semakin teinggi Response kita maka semakin tinggi pula Outcome kita. Apa yang kita pilih?

Dari contoh penjumlahan di atas, total outcome yang dapat dihasilkan dari Event dan Response adalah 20. Dikarenakan Event adalah komponen yang tidak dapat diubah, maka yang kita dapat ubah hanya Response nya saja! Nilai 2 pada Event tidak dapat diubah karena berita duka adalah memang suatu kejadian yang tidak diinginkan semua orang. Nilai rendah mencerminkannya. Lalu, untuk menaikkan Outcome maka kita perlu untuk menaikkan Response kita. Contoh Response seperti apa? Ketika mendengarkan berita duka, kita dihadapkan pada pilihan untuk larut dalam kesedihan atau menerima kejadian tersebut dan bangkit kembali. 2 pilihan simpel ini lah yang menentukan Outcome kita. Jika kita memilih untuk larut dalam kesedihan, kita beri nilai 3, maka Outcome nya hanya 5! Hal tersebut dapat berupa kita akan terus murung, malas berbicara dengan orang lain, tidak fokus mengerjakan tugas, dll. Akan tetapi berbeda dengan jika kita memilih untuk menaikkan Response kita, kita beri nilai 9, maka Outcomenya akan menjadi 11! Outcome yang dihasilkan akan lebih tinggi, kita akan kembali bisa tersenyum, siap untuk menghadapi tugas, tidak sungkan berbicara dengan orang lain, dll.

Hal tersebut saya ceritakan kepada rekan saya tersebut. Ya, ia hanya perlu menaikkan response nya terhadap Event yang terjadi. Semakin tinggi Response yang ia berikan tentu akan menaikkan Outcome nya. Lantas apa efek jika kita memiliki Outcome yang tinggi? Tentu akan ada SENSASInya. Sangat banyak, salah satu SENSASInya ada di “sini“.

Cara kita menyikapi keadaan dengan memberi Response yang semakin tinggi lah yang akan memberikan Outcome yang tinggi, dan SELAMAT MENIKMATI SENSASInya!

Salam Damai dan Keep High Outcome,

Ewaldo Reis Amaral

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s