Sifat Iblis yang Patut Ditiru

Selasa, 29 Januari 2013 ini saya mendapatkan sebuah pelajaran yang luar biasa. Berawal dari pembicaraan dari dosen saya, saya refleksikan, dan menjadi sebuah pelajaran berharga yang dapat dipetik.

Ada sifat-sifat dari Setan atau Iblis yang seharusnya ditiru oleh manusia. Sifat-sifat tersebut dapat membangun manusia menjadi manusia yang “lebih”.

Sekurang-kurangnya ada 4 sifat yang dapat ditiru:

1. Melihat Kesempatan

Masih ingat pesan “Bang Napi” di setiap akhir sesinya berbicara? Kejahatan bukan hanya terjadi niat dari pelakunya melainkan juga karena ada kesempatan. Iblis sangat lihai dalam melihat kesempatan untuk menjatuhkan kita. Kesempatan tersebut walau kecil, dapat ia manfaatkan dan membuat kita jatuh.

Kelihaian dalam melihat peluang inilah yang dapat kita ambil. Terkadang kita tidak pandai untuk melihat peluang yang ada pada diri kita, yang jika kita manfaatkan dapat mengembangkan diri kita. Bahkan, jika sudah mendapatkan kesempatan tersebut, kita cenderung takut untuk mengambil kesempatan.

Yuk, jangan mau kalah dengan Iblis dalam melihat peluang yang ada!🙂

2. Gigih dan Tak Pernah Putus Asa

Sejauh umur kita sekarang, sudah berapa kali kita digoda oleh Sang Setan? Dan seberapa tahankah kita terhadap godaannya tersebut? Iblis begitu gigih dan tak mengenal kata putus asa dalam mencapai tujuannya, yaitu menggoda kita.

Bagaimana dengan kita? Seberapa kuatkah kita berjuang dan pantang menyerah dalam mencapai tujuan kita?

Makhluk seperti Iblis saja tak mengenal kata menyerah, tetapi kita?

3. Inovatif 

Jika tidak berhasil mencapai tujuannya, Iblis akan memutar otak dengan kreatif agar tujuannya tercapai. Jika tidak berhasil dengan cara “A”, Sang Iblis akan mengubahnya menjadi cara “B”. “C”, dst. Sekreatif mungkin Ia lakukan agar tujuannya tercapai.

Sifat inovatif ini dapat menjadi pembelajaran berharga bagi kita. Jika kita belum berhasil mencapai impian dan harapan kita, ada baiknya kita mengganti strategi kita dengan strategi yang lain.

Iblis saja bisa, masa kita tidak?😀

4. Menyesuaikan Senjata

“Raja Iblis” hanya akan menurunkan anak buahnya untuk menggoda orang tidak yang memiliki pegangan iman yang kuat. Semakin kuat pegagan iman manusia, maka “Raja Iblis” akan menurunkan pasukan  dan armada yang lebih tinggi untuk menggoda manusia tersebut. Jika iman si manusia tersebut sangat kuat, maka sang “Raja Iblis” tidak akan segan-segan untuk mengeluarkan skillnya turun langsung dan menggoda iman kuat manusia tersebut.

Begitu juga dengan kita. Semakin tinggi impian, harapan, dan cita-cita kita, tentu senjata yang kita perlukan perlu disesuaikan juga. Mimpi tersebut hanya akan menjadi mimpi biasa, ketika senjata yang kita keluarkan hanya senjata biasa. Ketika ingin mengubah mimpi tersebut menjadi luar biasa, maka diperlukan juga senjata-senjata yang luar biasa.

Mari kita merefleksikan ke 4 sifat Iblis tersebut, lalu berkaca pada diri kita sendiri. Apakah kita kalah dari sesosok Iblis, yang pandai melihat kesempatan, gigih dan tak pernah putus asa, inovatif, dan lihai menyesuaikan senjata? Yuk, belajar dari Iblis!🙂

Belajar dari Iblis…….. Why Not

Salam Damai dan Keep Learning,

Ewaldo Reis Amaral

Baca juga “The POWER of Ya Sudahlah

3 thoughts on “Sifat Iblis yang Patut Ditiru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s