JANGAN BACA ARTIKEL INI!

Suatu hal yang luar biasa telah membuat anda bersedia membaca artikel ini, padahal telah ada larangan di judul artikel.

Apa yang membuat anda bersedia membaca artikel ini padahal sudah ada larangan sebelumnya? Pernah mengalami saat di mana anda melanggar suatu aturan, tidak mengikuti nasehat orang tua, dan tidak mematuhi larangan-larangan yang berlaku?

Itulah kehebatan otak kita. Kecenderungan dari otak manusia adalah menghilangkan kata-kata yang berbau negatif. Kata-kata yang negatif seolah di”skip” dan sengaja tak dibaca oleh otak kita. Kita ambil contoh seperti ini.

Jangan bayangkan kodok merah yang sedang lompat-lompat!

Apa yang anda lakukan ketika membaca larangan tersebut? Mayoritas dari kita pasti membayangkan seekor kodok yang berwarna merah sedang lompat-lompat. Mengapa? Karena otak kita me”skip” kata jangan yang ada di kalimat tersebut, sehingga kalimatnya menjadi bayangkan kodok merah yang sedang lompat-lompat!

Kita ambil contoh yang lain. Ada sekumpulan siswa yang sedang berkumpul dan mereka mendengar pengumuman dari teman mereka yang lain. Bandingkan pengumuman yang ada.

Teman-teman, besok kita tidak sekolah!

(bandingkan reaksi teman-temannya jika pengumumannya kita ubah menjadi seperti ini)

Teman-teman, besok kita libur!

Ada perbedaankah di antara dua pengumuman tersebut? Pengumuman yang mana yang membuat teman-temannya gembira?

Hal itu lah yang terjadi pada kita. Larangan-larangan seperti “Dilarang Merokok”, “Jangan ngebut-ngebutan”, ”Jangan Mencontek ketika Ujian”, menjadi tak berlaku. Kita justru akan cenderung memilih melakukan larangan-larangan tersebut. Begitu pulalah yang terjadi pada anak-anak yang tidak mendengar nasehat orang tuanya, karena rata-rata orang tua menggunakan kata-kata dengan unsur negatif ketika memberi nasehat kepada anaknya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Ubah kalimat-kalimat larangan tersebut menjadi kalimat yang lebih positif, kalimat yang tidak mengandung unsur kata-kata negatif di dalamnya. Jadi, bijaklah menggunakan kata-kata negatif!

Oh ya, mungkin  otak anda termasuk yang me”skip” kata-kata negatif. Hal itulah yang kemungkinan membawa anda ke postingan saya kali ini.🙂

Salam Damai,

Ewaldo Reis Amaral

3 thoughts on “JANGAN BACA ARTIKEL INI!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s