Hipnosis, Pikiran Bawah Sadar, dan Ketakutan Masyarakat

Hipnosis, Pikiran Bawah Sadar, dan Ketakutan Masyarakat

            Apa yang terlintas dalam pikiran anda begitu mendengar kata “hipnosis”? Sesuatu yang negatif, positif atau biasa saja? Setelah saya tanya-tanya ke beberapa teman saya, hampir semua dari mereka menyatakan bahwa hipnosis merupakan sesuatu yang negatif. Dikarenakan hal tersebut, banyak di antara mereka tidak mau saya hipnosis. Mereka sudah terlanjur memiliki pandangan buruk terhadap hipnosis.

Tidak orang yang tidak dapat dihipnosis. Kurang lebih begitulah teori yang ada dalam hipnosis. Pada prinsipnya semua orang dapat dihipnosis, asalkan memang dapat berkomunikasi, dan dapat fokus.

Menurut teori hipnosis, pikiran bawah sadar merupakan pikiran yang paling banyak memegang kendali terhadap pikiran dan perilaku manusia dengan presentase 88%, dibandingkan pikiran sadar yang hanya mencapai 12 %. Presentase yang begitu besarlah yang menyebabkan orang yang terhipnosis akan mengikuti apa yang diminta oleh orang yang melakukan hipnosis (hipnotist). Bisa diambil kesimpulan bahwa karena poin itulah yang menyebabkan masyarakat sudah terlanjur melekatkan kata negatif terhadap hipnosis.

Stigma negatif tersebut mungkin sangat lekat kaitannya dengan pemberitaan media terhadap hipnosis. Mulai dari kejahatan berkedok hipnosis di tempat-tempat umum hingga acara-acara hipnosis yang “membongkar” rahasia/aib seseorang di program-program tv saat ini. Hal-hal itulah yang semakin menambah unsur negatif dari hipnosis sendiri. Akan tetapi sebelum melakukan hipnosis, ada baiknya jika kita mempelajari hal tersebut lebih dalam, sehingga kita dapat melakukannya dengan baik dan benar. Mulai dari pre induction hingga dapat melakukan terminasi.

Seorang teman bahkan pernah bertanya, apakah hipnosis merupakan bagian dari ilmu hitam/gaib. Dengan tegas saya jawab tidak. Hipnosis adalah murni suatu ilmu yang mempelajari pikiran bawah sadar manusia dan tidak ada sangkut pautnya dengan ilmu hitam ataupun ilmu gaib. Semua orangpun pada dasarnya dapat belajar hipnosis jika mau/niat.

Kembali mengenai tindak kejahatan yang berkedok hipnosis. Saya hanya ingin menyarankan agar terhindar dari kejahatan yang berkedok hipnosis, yang paling penting adalah ubah fokus anda ketika pikiran sadar anda sudah mulai “goyang” dan menjelang masuk ke pikiran bawah sadar. Sebagai contoh, ketika anda sedang di terminal dan fokus terhadap bis yang lalu lalang, cobalah untuk ubah fokus anda untuk tidak selalu tertuju pada bis. Cobalah sesekali bernyanyi atau memikirkan hal-hal lain selain bis tersebut,misal keluarga di rumah, pekerjaan kantor,dll. Dengan adanya perubahan fokus tersebut risiko anda untuk terkena hipnosisi sangatlah kecil. Begitu juga ketika bahu/bagian tubuh anda sedang “ditepuk” oleh orang yang anda curigai dapat menghinosis anda, cobalah untuk mengubah fokus anda ke hal lain.

Sebenarnya dunia hipnosis sangatlah membantu manusia jika dipergunakan sebagaimana mestinya. Seperti yang tadi disebutkan di atas, hipnosis bekerja pada pikiran bawah sadar kita, dan pikiran bawah sadar kita menguasai 88% dari seluruh pikiran dan perilaku kita. Bisa dibayangkan betapa dahsyatnya pikiran bawah sadar kita jika bisa kita eksplor secara lebih mendalam?

Zaman sekarang sudah banyak terapi-terapi yang menggunakan pikiran bawah sadar sebagai main objectnya. Terapi –terapi tersebut mengincar piiran bawah sadar anda untuk dituntun kepada objective dari terapi tersebut.

Untuk semua yang ingin mengetahui mengenai dunia hipnosis, pikiran bawah sadar, atuapun ingin melakukan terapi (mulai dari trauma, kecanduan/addicted, motivasi, forgiveness, healing, sub conscious exploration, dll) dapat contact saya di ewaldoapra@yahoo.com atau temui saya di @ewaldoapra.

Salam damai,

Ewaldo Reis Amaral – Trainer and Hypnotherapist

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s