Out of Comfort Zone

 Berani keluar dari zona nyaman, kemampuan dan kapasitas baru siap menunjang masa depan.

Setelah  saya memposting “Experiential Learning” (EL), kali ini saya akan sedikit share mengenai salah satu poin yang ada di EL, yaitu Out of Comfort Zone..

Dari sisi bahasanya saja sudah dengan mudah ditebak arti Out of Comfort Zone, yaitu keluar dari zona nyaman. Keluar dari zona nyaman memiliki arti yang luar biasa loh! Kita sebagai manusia bukanlah makhluk hidup yang diciptakan untuk hidup statis, melainkan dinamis! Kita diminta oleh Sang Pencipta untuk mengembangkan segala talenta dan kemampuan yang kita miliki.

Berani keluar dari zona nyaman berarti kita berani menambah kapasitas diri kita. Kita berani mencoba suatu yang baru di luar kebiasaan kita. Kita akan menemukan “harta karun” yang ada dalam diri kita, yang ternyata tak pernah kita sendiri tahu. Luar biasa bukan? ;)

Go adventure, Enjoy the journey, Face and Solve the problem, Find your treasures. Kurang lebih rangkaian kata-kata itulah yang saya gambarkan sebagai Out of Comfort Zone.

Go adventure. Pergilah berpetualang. Dengan berpetualang maka kita akan menemukan dunia baru yang belum pernah kita selami. Dunia baru yang tidak “klop” dengan kita. Dunia baru yang sama sekali tidak memberikan rasa nyaman. Rasa nyaman yang selama ini kita rasakan di dunia yang kita geluti akan sirna diganti dengan petualangan yang menjanjikan harta karun yang tak ternilai.

Enjoy the journey. Berpetualang tanpa menikmati perjalanan sama saja omong kosong. Nikmati perjalanan di dunia baru tersebut. Memang awalnya tidak memberikan kenyamanan, tapi nikmatilah dan keep positive thinking! :)

Face and Solve the problem. Selama perjalanan ini pasti akan ditemukan tantangan serta masalah. Seperti yang sudah pernah saya bahas di EL  , tantangan ada 3 macam. Tantangan-tantangan yang muncul itu wajib kita hadapi dan kita cari pemecahan masalahnya. Dengan terlatih memecahkan masalah dan tantangan yang dihadapai dari ketidaknyamanan tersebut, kapasitas diri kita akan bertambah. Sebuah tingkatan kemampuan diri yang lebih akan menjadi hadiah yang indah untuk siapapun yang face and Solve the problem:)

Find your treasures. Tak perlu diragukan lagi, setelah melalui tahap pertualangan hingga memecahakan masalah, reward yang pantas diberikan berupa harta karun yang tak ternilai.  Baik sadar ataupun tidak, harta karun tersebut ada di dalam diri kita setelah kita berani untuk keluar dari zona nyaman kita. Kemampuan diri yang bertambah, kapasitas diri yang pada awalnya kita anggap sudah mentok ternyata meningkat berkali lipat, serta hal-hal positif lain yang menjadi penunjang diri kita di masa depan.

Feel the Fear and Break It..  #OutOfComfortZone

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s